Mahfud MD: Indonesia Bersatu dan Rukun Karena Pancasila

Memperingati hari lahirnya Pancasila, sejumlah tokoh masyarakat mengikuti acara "Indonesia Bersyukur" yang diadakan oleh 31 aliansi ormas masyarakat sosial, keagamaan, pemuda dan mahasiswa. Mantan Ketua MK Mahfud MD pun memberikan ucapan syukurnya dalam acara tersebut.

"Pancasila bisa menyatukan 17504 pulau, 1340 suku bangsa, 736 bahasa daerah dan ada 6 agama, semua bisa bersatu dan rukun itu karena pancasila," kata Mahfud di Tugu Proklamasi, Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (01/06/2016).

Acara tersebut bertajuk 'Kesetiaan Mengawal dan Mengamalkan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara Republik Indonesia yang Final'. Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri serta sejumlah menteri menghadiri acara ini.

Mengapa Indonesia bisa bersatu? Mahfud beralasan bahwa karena Indonesia memiliki dasar ideologi negara yang kuat dan bisa mempersatukan keberagaman tersebut; dan semua patut mensyukuri lahirnya Pancasila di Indonesia.

Mahfud berkata banyak yang bertanya mengapa Indonesia bisa bersatu padahal India berdiri tapi tidak bisa mempertahankan keutuhan negara hingga akhirnya Pakistan memisahkan diri karena masalah agama tahun 1947; lalu Bangladesh memisahkan diri dari Pakistan karena perbedaan warna kulit tahun 1971. Jawabannya ada pada Pancasila.

"Karena Pancasila kita tidak ada perpecahan bahasa, agama dan warna kulit," ujar Mahfud.

"Pancasila itu tumbuh dari bawah. Bung karno bukan menyusun tapi menggali pancasila dan menyusunnya, Pancasila itu tumbuh dan kokoh dalam persatuan itu," lanjut Mahfud.

Dia menambahkan bahwa ketika dateng ke Konferensi Asia Afrika di Libanon pada 2015 silam, para petinggi dari negara lain mengagumi Pancasila yang 'dibuat' Indonesia karena Pancasila mampu mempersatukan Indonesia yang kaya akan budaya.

"Pancasila itu adalah ideologi yang tepat dan terbaik bagi Indonesia. Kita tidak usah tanya mana yang benar atau tidak," ujar Mahfud.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dalam sambutannya bicara tentang hilangnya semangat kebangsaan. Said Aqil juga menjelaskan tentang Islam nusantara.

"Islam nusantara adalah Islam yang sinergi dengan semangat nasionalisme. Nasionalisme NU bukan nasionalisme sembarangan, tapi nasionalisme yang tumbuh dari hati yang beriman seperti Kyai Hasyim Asy'ari karena sesungguhnya membela tanah air adalah bagian dari iman kepada Tuhan," ungkapnya.

Said Aqil menekankan pentingnya mencintai dan membela tanah air. Dia juga mengapresiasi 1 Juni yang ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila.

"Dengan ditetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila dan Bung Karno sebagai penggagasnya maka Indonesia memiliki sejarah yang punya nilai sebagai bangsa yang bermartabat," ucap Said Aqil.

https://news.detik.com/berita/3223337/mahfud-md-indonesia-bersatu-dan-rukun-karena-pancasila
Latest


EmoticonEmoticon